Arief Rachman Julfikar
Blog Universitas Komputer Indonesia

Google Panda dan Hukuman Untuk Blog dengan Low Quality Content

Google Panda dan Hukuman Untuk Blog dengan Low Quality Content
Tahukah kamu apa itu Google Panda? Google Panda merupakan sebuah terobosan baru dari Google yang bertujuan untuk menyaring url dari website, salah satunya blog untuk menghukum blog dengan low quality content. Low quality konten disini maksudnya blog yang berisi konten-konten hasil copy and paste, spammer, dan bad advertisement akan ditendang ke peringkat yang buruk pada saat ditampilkan oleh Google Panda. Sebelum mencari tahu cara kerja Google Panda, sebaiknya kita mencari tahu dulu apa itu blog copy and paste, spammer dan bad advertisement.
 
Di internet, banyak sekali terdapat sebuah blog dengan konten “jiplakan” alias copy and paste dari konten blog orang lain. Dan seringkali malah, blog copy and paste tersebut lebih popular dibandingkan blog yang dijiplak karena banyaknya viewers.Selain itu terdapat spammer atau web sampah. Pernahkah kamu menemukan url hasil pencarian namun ketika kamu klik isinya hanya judul keyword yang kita cari saja? Tapi dokumen atau hasil yang kita inginkan tidak pernah ada? Ya itulah spammer. Hingga saat ini saya kurang paham mengapa web spammer itu banyak sehingga membuang waktu kita saat melakukan pencarian. Dan yang terakhir adalah bad advertisement. Pernahkan kamu mengklik url hasil pencarian dan ketika masuk hanya ada deretan iklan tidak penting bahkan, beberapa kali saya pernah terjebak dengan iklan yang mengandung konten tidak senonoh dan mengandung konten pornografi padahal saya sama sekali tidak pernah berniat mengaksesnya.
 
Cara Google Panda akan menghukum blog tersebut adalah dengan menurunkan rangking dan menempatkan posisi url mereka di bawah. Mengapa hal tersebut disebut hukuman? Kemunculan google panda sebagai algoritma pencarian baru oleh google ini sempat membuat banyak rumor akibat aksinya yang mendepak begitu banyak website dan blog dari posisi strategis halaman hasil pencarian merosot ke posisi yang sangat buruk. Google Panda sangat membenci blog/situs yaNg mengunakan Auto Generate Content (AGC) dan ternak konten, dimana banyak para bloger yang menerapkan AGC untuk blog-blog mereka. Blog yang biasanya “nangkring” di SERPnya Google akan terhempas. Dengan dirilisnya Google Panda, Artikel/konten dengan kualitas rendah akan mengakibatkan efek buruk untuk rangking situs secara keseluruhan .Google Panda menyukai blog/situs yang mengandung original content (tidak copy paste), load halaman webnya cepat, memiliki internal link yang relevan, dan visitor tidak hanya semata-mata hanya datang dari search engine.
 
Untuk para blogger, ada dua cara yang dianggap efektif untuk menghindari hukuman konten Google Panda ini, yaitu perbaiki atau hapus artikel pada web atau blog yang kamu anggap memiliki low quality content. Mulailah merapikan konten blog yang berisi informasi yang kurang informatif, dan untuk kamu yang memiliki visitor orented atau berorientasi pada banyaknya pengunjung, mulailah untuk lebih memberikan nuansa baru yang unik dan original pada web content atau blog content kamu.
Sebenarnya, dengan keberadaan Google Panda ini ada yang merasa dirugikan , namun ada juga yang justru merasa diuntungkan, itu bergantung kepada masing-masing blogger dalam menyikapi Google Panda. Google Panda berfokus pada konten Blog. Google Panda bekerja untuk lebih memperbaiki hasil pencarian Google. Dengan adanya algoritma ini hasil pencarian pada search engine Google akan semakin berkualitas dengan tidak menampilkan situs–situs manipulatif dalam mencapai posisi terbaik di halaman pertama google. Yang paling penting, berikanlah informasi yang informatif dan bermanfaat kepada para pembaca dan jangan terlalu berorientasi kepada keuntungan pribadi semata.
 
Arief Rachman Julfikar - 41809142
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Selasa, 30 Oktober 12 - 15:18 WIB
Dalam Kategori : GOOGLE, GOOGLE PANDA, BLOG, LOW QUALITY CONTENT, ICT, TUGAS ICT
Dibaca sebanyak : 1178 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback