Arief Rachman Julfikar
Blog Universitas Komputer Indonesia

surat elektronik dan public relation

surat elektronik dan public relation
Surat elektronik dan public relation
Surat menyurat, siapa yang tidak tahu surat menyurat? Surat menyurat adalah media komunikasi dalam bentuk tulisan yang dilakukan oleh seseorang atau lembaga ke seseorang atau lembaga lainnya. Secara luas, surat memiliki fungsi sebagai media atau sarana penyampaian komunikasi yang disimpan sebagai bukti, laporan atau histori.Di perusahaan, surat menyurat erat kaitannya dengan seorang PR atau public relation. Seorang public relation harus menguasai mulai dari urusan surat menyurat, sekaligus bagaimana menghantar dan mengirim surat dan bagaimana menerima surat yang benar. Surat menyurat langsung dibutuhkan untuk membangun hubungan yang baik dengan lembaga atau publik, yang terkait dengan klien atau perusahaan.
Sebelum terjamah teknologi internet, sebuah surat dikirim melalui beberapa cara yang lumrah digunakan, yaitu dikirim melalui pos dan melalui faximile. Surat yang dikirim melalui pos, jarang yang sampai pada saat itu juga atau real time, karena surat yang dikirim melalui pos membutuhkan waktu sesuai dengan jarak tempuh antara si pengirim surat dengan si penerima surat. Begitu pula faximile, karena tidak semua orang atau perusahaan memiliki faximile atau lebih sering disebut fax, membuat kegiatan surat menyurat harus menghadapi perjuangan yang lebih.
Sujud syukur Alhamdulillah, Ray Tomlinson si penemu e-mail atau surat elektronik pertama, telah membuka dunia menuju kemajuan teknologi yang signifikan sampai saat ini. E-mail atau surat elektronik membuat manusia bisa mempersingkat komunikasi antar manusia. karena pengiriman email, hanya membutuhkan waktu cukup singkat. Pada saat kita mengirim, beberapa detik kemudian, rekan kita yang berposisi sejauh apa pun, -selama masih terhubung internet- akan segera menerima e-mail yang kita kirimkan, tanpa harus menunggu berhari-hari seperti halnya menggunakan pos.
Tidak dipungkiri keberadaan surat elektronik dalam bidang public relation, mampu meningkatkan efisiensi dan efektivitas informasi. Surat elektronik dapat menghemat waktu, tenaga, biaya pengiriman, biaya pencetakan surat serta biaya penyimpanan arsip. Satu isi surat elektronik dapat dikirim ke banyak pihak dengan beberapa langkah saja. Surat elektronik dapat disimpan seumur hidup tanpa takut hilang (selain hilang karena virus dan hal-hal lain di luar kuasa Tuhan) atau rusak dimakan rayap. Strategi public relation dalam menggunakan surat elektronik ini ada beberapa macam yaitu sebagai berikut:
1.      E-mail digunakan PR sebagai sarana penyampaian informasi antar divisi atau bagian. Bisa juga antar perorangan di sebuah perusahaan.
2.      E-mail digunakan PR sebagai sarana penyampaian press release kepada public.
3.      E-mail digunakan PR sebagai sarana pengenalan suatu jasa atau produk perusahaan.
4.      E-mail digunakan PR sebagai sarana kerjasama ke perusahaan lain.
Kesimpulannya, E-mail atau surat elektronik sangat istimewa karena dapat membantu meningkatkan performansi dan pelayanan seorang PR.
Arief Rachman julfikar 41809142
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Rabu, 26 Desember 12 - 20:42 WIB
Dalam Kategori : EMAIL, SURAT ELEKTRONIK.INTERNET, PUBLIC RELATION
Dibaca sebanyak : 1518 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback