Arief Rachman Julfikar
Blog Universitas Komputer Indonesia

The Most Popular Search Engines: Google

The Most Popular Search Engines: Google
Google, Googling, Googled, siapa pengguna internet yang belum pernah mengakses google.com? Rasanya tidak ada. Kenapa Google.com sangat popular? Google adalah sebuah web search engine yaitu mesin pencari (alamat) web. Search engine adalah istilah atau penyebutan bagi website yang berfungsi sebagai mesin pencari, mesin pencari ini akan menampilkan informasi berdasarkan permintaan dari user pencari konten, konten yang ditampilkan adalah konten yang memang sudah terindex dan tersimpan di database server search engine-nya itu sendiri. Sebenarnya, web search engine ini bukan hanya Google saja, tapi memang Google lah yang sangat popular, setidaknya ada 10 web search engine yang saya ketahui, dan berikut saya urutkan berdasarkan tingkat kepopulerannya: 
1.      Google.com
2.      Yahoo.com
3.      msn.com
4.      bing.com
5.      ask.com
6.      baidu.com
7.      Aol.com
8.      Altavista.com
9.      Lycos.com
10.  Alexa.com
 
Apa manfaat dari sebuah web search engine? Manfaat dari sebuah web search engine adalah mempercepat dan mempermudah kita untuk menemukan website yang memuat konten yang kita cari, bahkan kita juga bisa menemukan banyak hal melalui search engine, seperti : info alamat web, info pendidikan, info-info penemuan, dan lain-lain. Biasanya search engine melengkapi fasilitasnya dengan berbagai macam fitur pencarian diantaranya: Search web, search image, search video, search audio, search document, dan banyak fitur lainnya.
 
Web search engine semacam Google dianggap sebagai dewa paling pintar saat ini, bagaimana tidak, semua yang kita cari hal apapun di dunia ini akan bisa ditampilkan oleh Google. Untuk melaksanakan tugasnya ini, search engine atau mesin pencari memiliki program khusus yang biasanya disebut spider crawler. Pada saat kita mendaftarkan sebuah alamat website (URL), spider dari search engine tersebut akan menerima dan menganalisa URL tersebut lalu mengcrawlnya.Dengan proses dan prosedur yang serba otomatis, spider ini akan memutuskan apakah web yang anda daftarkan layak diterima atau tidak pada search engine tersebut. Jika layak, spider akan langsung menambahkan alamat URL tersebut ke sistem database mereka. Rangking-pun segera ditetapkan dengan algoritma dan caranya masing-masing. Jika tidak layak, terpaksa Anda harus bersabar dan mengulangi pendaftaran diwaktu yang lain. Jadi semua yang namanya search engine, pasti memiliki program yang disebut Spider crawler. Dan program inilah yang sebenarnya menentukan posisi web site di search engine tersebut. Biasanya, hasil pencarian yang paling teratas menunjukan rangking kepopuleran sebuah web atau situs.
Keunggulan Google terutama adalah pada pencarian teks, terutama dari algoritma PageRank, database-nya yang besar serta banyaknya jenis file yang diindeksnya. Beberapa kelebihan Google menurut saya adalah terletak di kecepatan dan kemudahan dalam mencari., lebih canggih dengan fitur yang dimilikinya, tampilan yang sederhana.tapi tetap menarik dan Google merupakan satu-satunya mesin pencari yang memilki cache. Dengan adanya cache ini, si pencari dapat menghemat waktu pencarian, sehingga dapat lebih cepat menampilkan hasil pencarian. Dan kekurangan Google menurut saya adalah karena kelebihan yang dimilikinya, ternyata mesin pencari ini jadi bidikan para spammer untuk menampilkan iklan-iklan yang tidak diperlukan. Mereka memanfaatkan setiap celah yang ada pada sistem algoritma Google untuk memaksa iklan mereka tampil pada halaman terdepan. Maka, pencarian pun terasa tergangggu.
 
Nah, bagaimana memanfaatkan Google untuk kehidupan kita? Google dapat menjadi sarana sumber ilmu pengetahuan. Saat kita mencari sesuatu, hendaknya kita memasukan keyword yang paling sempurna. Contoh, kita ingin mendapatkan sebuah informasi harga sebuah smartphone, kita dapat mengetikan di kotak pencarian dengan keyword Harga Iphone 4s Oktober 2012. Dengan keyword yang spesifik tersebut, hasil pencarian akan lebih to the point dan tersaring dengan apa yang kita butuhkan. So, happy googling:">
 
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Selasa, 30 Oktober 12 - 15:27 WIB
Dalam Kategori : GOOGLE.COM, GOOGLING, GOOGLE, WEB SEARCH ENGINE, SEARCH ENGINE, ICT, TUGAS ICT
Dibaca sebanyak : 1539 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback